Beranda Berita Xiaomi Mi A1 VS Moto G5S Plus, Pilih mana?

Xiaomi Mi A1 VS Moto G5S Plus, Pilih mana?

68
0
BERBAGI
Xiaomi Mi A1 VS Moto G5S Plus, Pilih mana?

Xiaomi Mi A1 VS Moto G5S Plus, Pilih mana? – Beberapa hari yang lalu, Xiaomi mengeluarkan produk yang sudah ditunggu-tunggu banyak fans nya. Produk ini adalah Xiaomi Mi A1 (5X), hp ini menggunakan OS berbasis Android One yang pertama kali meluncur di India. Sasaran produk ini pada kalangan menengah, hp ini membawa banyak perubahan daripada perangkat Android One yang sebelumnya beredar di pasaran.

Bersamaan dengan Xiaomi Mi A1 rilis di Indonesia, Lenovo juga merilis produk Moto G5S Plus dengan harga jual yang setara. Kedua Hp ini membawa banyak fitur dan spesifikasi bersaing, seperti penggunaan stock Android dan memasang fitur pada kamera. Lalu, manakah yang terbaik antara Moto G5S Plus dan Xiaomi Mi A1? Yuk, kita bahas berikut ini!

Desain

Xiaomi Mi A1 VS Moto G5S Plus, Pilih mana?

Penampilan sebuah hp menjadi nilai yang sangat penting untuk menarik perhatian konsumen. Hal ini telah dipahami oleh kedua brand, Xiaomi dan Lenovo, yang menawarkan desain solid pada kedua produknya tersebut. Keduanya juga mengusung desain modern dengan konsep unibody yang sangat nyaman di genggam oleh tangan.

Untuk Moto G5S Plus, dilihat dari konsep desainnya hp ini hampir mirip dengan seri sebelumnya yaitu Moto G5 dan G5 Plus edisi lama. Hp ini mengusung bodi berbahan polycarbonate dengan material aluminum pada back cover. G5S Plus memiliki dimensi bodi berukuran 150.2 x 74 x 7.7 mm dengan berat 155 gram, bodi hp ini juga dilapisi nano coating sehingga tahan terhadap cipratan air.

Oke, Lanjut ke pesaingnya yaitu XIaomi Mi A1. Hp ini memiliki konsep yang berbeda dengan hp keluaran Xiaomi yang sebelumnya. Tetapi wahah dari XIaomi Mi A1 masih terlihat sangat mirip dengan desain yang dimiliki iPhone yang juga diadopsi oleh berbagai merk hp seperti OPPO R11 dan OnePlus 5. Soal dimensi Xiaomi Mi A1 memiliki ukuran layar 155.4 x 75.8 x 7.3 mm dengan berat 165 gram.

Sama-sama terlihat bagus dalam hal desain, perbedaan yang paling mencolok dari kedua hp ini yaitu pada sensor sidik jari. Dimana pada Moto G5S Plus anda bisa menemukan sensor pada bagian bawah kamera. Sementara Xiaomi Mi A1 menempatkan sensor sidik jari di bagian belakang bodi tepatnya dibawah kamera.

Layar

Xiaomi Mi A1 VS Moto G5S Plus, Pilih mana?

Kedua hp ini memilki ukuran 5,5 inci. Begitu pula dengan kualitas yang dihadirkan pada kedua hp ini karena Moto G5S Plus dan Xiaomi Mi A1 memasang reolusi Full HD 1920 x 1080 pixel. Perbedaannya adalah Moto G5S Plus menggunakan layar IPS standar. Sementara XIaomi Mi A1 menggunakan layar Low-Temperatur PoluSilicon (LTPS) LCD ini diklaim hemat daya dan mampu menghasilkan tingkat kerapatan pixel lebih tinggi.

Hardware

Selain menggunakan ukuran layar yang sama, kedua hp ini juga menggunakan konfigurasi hadware yang sama. Keduanya didukung dengan chipset Qualcomm Snapdragon 625 dengan procesoor Octa-core 2.0 GH Cortex-A53 yang telah dipaduka ndengan GPU Adreno 506. Kedua Hp ini juga memiliki storage penyimpanan yang sama yakni RAM 4G dan memori internal 64GB.

Bicara masalah kemampuan, kedua hp ini menawarkan performa yang setara. Jadi kedua hp ini sanggup anda gunakan untuk membuka aplikasi berat dengan lancar, dan tetap heamt daya. Selain itu, kedua hp ini juga sama-sama mendukung slot microSD untuk menambah memori internal, bedanya Moto G5S Plus dilengkapi dengan slot microSD tunggal. Sedangkan Xiaomi Mi A1 hanya disertai slot hybird yang mengharuskan bergantian pakainya dengan simCard.

Stock Android Nougat

Xiaomi Mi A1 VS Moto G5S Plus, Pilih mana?

Selain itu, kedua hp ini juga menawarkan keunggulan dari stock Android yang memeungkinkan anda merasakan performa dan fitur-fitur bawaan Android tanpa modifikasi.misalnya split-screen view bahkan tambahan fitur Google Assistant. Sementara itu, Lenovo mengklaim bahwa G5S Plus akan segera menghadirkan update OS Android 8.0 Oreo. Sedangkan Xiaomi Mi A1 didukung penuh oleh Google dan diklaim akan mendapatkan update secara berkala selama 3 tahun.

Kamera

Xiaomi Mi A1 VS Moto G5S Plus, Pilih mana?

Sama-sama memiliki konfigurasi dual kamera, Moto G5S Plus memasang sensor RGB 12 MP dan sensor monokrom 12 MP. Berkat penggunaan sensor tersebut, hp ini mampu menangkap gambar dengan efek bokeh, termasuk ideal untuk dipakai memotret dalam kondisi cahaya minim berkat penggunaan bukaan lensa besar di angka f/1.7.

Di lain sisi, Xiaomi Mi A1 memasang sensor 12 MP (26mm, f/2.2) dan 12 MP 50mm, f/2.6 yang dilengkapi dengan kemampuan optical zoom hingga 2 kali, serta mampu hasilkan foto bokeh melalui penggunaan fitur portrait mode yang mirip seperti fitur milik iPhone 7 Plus. Lanjut ke bagian depannya, kedua hp dilengkapi kamera 5 MP yang sama-sama bisa dipakai untuk berfoto selfie dan merekam video beresolusi full HD 1080p.

Baterai dan Konektivitas

Selain menggunakan tipe chipset yang sama, kedua hp ini dilengkapi dengan kapasitas baterai yang tidak jauh berbeda. Moto G5 Plus datang dengan baterai berkapasitas 3000 mAh. Sementara Xiaomi Mi A1 memiliki baterai sedikit lebih besar, 3.080 mAh, dimana perbedaan ini tidak terlalu mencolok mengenai ketahanannya. Di sektor konektivitas, terdapat perbedaan yang signifikan. Dimana Moto G5 Plus hanya dilengkapi port microUSB 2.0 biasa, sedangkan Xiaomi Mi A1 sudah ditunjang dengan USB Type-C.

Kedua hp ini sama-sama dijual dengan harga Rp3 jutaan. Sama-sama unggulkan penggunaan stock Android dan dual kamera, perbedaan dari kedua hp in iadalah slot hybrid pada Xiaomi Mi A1 sedangkan Moto G5 Plus menawarkan dua buah slot SIM card ditambah satu buah slot microSD. Nah, dari kedua hp diatas, produk mana yang anda pilih? Pastikan anda memilih dengan benar ya, dan jangan sampai menyesal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here