Beranda Berita Kaca Pelindung Smartphone Ini Dapat Memperbaiki Dirinya Sendiri Lho!!!

Kaca Pelindung Smartphone Ini Dapat Memperbaiki Dirinya Sendiri Lho!!!

47
0
BERBAGI

 

Infotabloid.com – Sampai saat ini layar pada sebuah smartphone merupakan komponen yang sangat penting dan sering terjadi kerusakan pada komponen tersebut. Komponen tersebut sangat sensitif terhadap kerusakan, hal ini membuat para ilmuan melakukan riset untuk menciptakan hal baru yang dapat melindungi layar smartphone dari kerusakan.
Kaca Pelindung Smartphone Ini Dapat Memperbaiki Dirinya Sendiri Lho!!!

Kaca Pelindung Smartphone Ini Dapat Memperbaiki Dirinya Sendiri Lho!!!

Baru-baru ini, ada sekelompok ilmuan dari sebuah Universitas di Tokyo. Mereka berhasil menemukan sebuah polimer baru mirip kaca yang dapat digunakan pada layar smartphone mirip dengan tempered glass. Upss tapi yang satu ini berbeda, bedanya adalah elemen ini disebut mampu menyembuhkan dirinya sendiri saat terjadi kerusakan. Hal ini disampaikan langsung oleh Prof. Takuzo Aida, kepala penelitian dari riset tersebut.

Ia mengatakan jika elemen yang bernama ‘polyether-thioureas’ ini dapat memperbaiki dirinya sendiri hanya dengan tekanan oleh tangan. “Dalam sejumlah kasus, memanaskan material pada suhu tinggi dilakukan untuk menyambung lagi jaringan-jaringan yang terpisah dan butuh diperbaiki”. Katanya, yang Infotabloid kutip dari Engadget melalui Liputan6Tekno.

Penemuan ini akan menjadi sebuah hal yang besar, karena mungkin menurut pemikiran kita mana bisa sebuah material dapat memperbaiki dirinya sendiri. Di satu sisi, rupanya penemuan ini diawali dari ketidak sengajaan. Dimana seorang mahasiswa yang bernama Yu Yanagsiswa merasa material ini akan menjadi sebuah lem. Namun ia berharap kaca yang dapat memperbaiki dirinya sendiri dapat menjadi sebuah material smartphone yang ramah lingkungan dan tidak perlu dibuah ketika rusak.

Penemuan Kaca Pelindung Smartphone ini bukanlah yang pertama kali. Pasalnya, University of California juga sempat meneliti hal yang serupa. Di sisi lain, dengan ditemukannya material ini, telah diprediksi akan dapat digunakan pada tahun 2020 mendatang. Menurut seorang ahli kimia yang bernama Chao Wang, ia mengatakan bahwa saat ini proses pengaplikasian material ke perangkat masih jauh. Namun ia percaya bahwa material ini akan diaplikasikan pada smartphone dalam tiga tahun kedepan.

Dunia semakin modern dan canggih, jika anda menggunakan sebuah smartphone gunakanlah dengan bijak. Kemungkinan pada kedepannya sebuah smartphone akan menyerupai fungsi sebuah komputer/laptop. Sekian Terimakasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.