Beranda Berita Harga Smartphone di Indonesia Kian Mahal, KENAPA?

Harga Smartphone di Indonesia Kian Mahal, KENAPA?

57
0
BERBAGI

Smartphone di Indonesia Semakin Mahal – Ko bisa sih? dijaman yang modern seperti saat ini banyak sekali smartphone keluaran baru yang menawarkan fitur-fitur baru. seperti bezel less, kemampuan anti air dan artificial intelligence.

Nah, dengan fitur-fitur canggih tadi maka konsekuensinya adalah harga jual smartphone pun semakin naik.

Harga Smartphone di Indonesia Kian Mahal, KENAPA?

Berdasarkan fakta yang terjadi di Indonesia. Atas laporan firma riset pasar IDC, pada kuartal III-2017 harga jual rata-rata smartphone di Tanah Air mengalami kenaikan yang cukup tinggi hingga mencapai 193 dollar AS atau Rp.2,6 juta.

Dengan kata lain kenaikan tersebut mencapai 9 persen lebih tinggi dibandingkan harga sebelumnya.

Namun, jika dibaningkan dengan harga yang sama setahun lalu, kenaikan harga jual rata-rata smartphone di Indonesia bahkan lebih tinggi lagi, yaitu mencapai hingga 31 persen. Di pihak lain, IDC juga menyatakan bahwa kenaikan tersebut disebabkan oleh banyaknya model-model smartphone dari vendor besar, seperti Samsung dan Oppo yang kini dijual lebih mahal dari sebelum-sebelumnya.

Dari fakta tersebut secara tidak langsung IDC telah memantau akan ada lebih banyak lagi perusahaan smartphone yang mengikuti tren untuk menerapkan fitur ekstra, seperti layar bezel less dan kamera ganda. Dengan harapan untuk memancing konsumen agar mengupgrade smartphonenya. Sehingga tidak heran jika harga jualnya menyesuaikan fitur yang telah ditawarkan.

“Fitur0fitur ini sebelumnya hanya bisa ditemukan secara eksklusif pada ponsel high-end seperti Galaxy S8, tetapi nantinya akan menjadi semakin mainstream,” kata IDC pada Kamis (23/11/2017).

Nah, kaitannya dengan pergerakan pasar smartphone di Indonesia, pasar smartphone di Tanah Air sendiri pun telah tercatat ada pengapalan 7,2 juta unit di kuartal III 2017. Angka tersebut menunjukkan bahwa ada penurunan sebanyak 8,6 persen dibanding kurun waktu sebelumnya dan turun 1,1 persen dibanding kurun waktu yang sama tahun lalu.

Selain itu, tren mengenai harga jual smartphone yang saat ini yang semakin mahal juga terjadi di negara-negara lain di seluruh dunia dan bukan hanya di Indonesia saja. Oktober lalu, lembaga riset pasar GfK melaporkan ASP smartphone global mengalami kenaikan 7 persen pada kurun waktu III 2017 secara Year-on-Year.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here