Beranda Tips Komputer Cara Meningkatkan Kinerja Komputer yang Lemot

Cara Meningkatkan Kinerja Komputer yang Lemot

30
0
BERBAGI

Meningkatkan Kinerja Komputer – Komputer merupakan sebuah perangkat linux yang memiliki sistem kerja canggih. Walaupun sudah dirancang sedemikian rupa, namun apakah keawetan komputer bisa bertahan lama? Usia pemakaian komputer adalah salah satu faktor yang dapat menimbulkan suatu permasalahan pada kinerja komputer yang salah satunya adalah lemot dan lelet.

Bicara soal kinerja komputer yang lelet dan lemot, faktornya bukan hanya pada usia pemakaiannya saja, melainkan juga dilihat dari penggunaannya yang memaksakan kinerja komputer maupun laptop.

Untuk itu, kali ini infotabloid.com akan memberikan cara mempercepat kinerja komputer atau laptop yang lemot.

Komputer yang lemot adalah ujian terbesar kita dalam menguji kesabaran. Apalagi, semakin ke sini, penggunaan pada komputer semakin tinggi. Maka diperlukannya performa dari sebuah komputer yang baik dan berkualitas. Dan tentunya, juga tidak lemot dan lelet.

Baca juga : 4 Mitos Tentang RAM yang Harus Anda Ketahui

Cara Meningkatkan Kinerja Komputer yang Lemot

Berikut ini adalah cara cara mempercepat kinerja komputer atau laptop yang lemot.

Hapuslah Spyware

Spyware adalah virus yang sering hinggap di dalam komputer yang dapat menyebabkan komputer kita menjadi lelet. Selain virus spyware, juga terdapat virus malware yang mana bisa saja terjadi ketika kita mengakses suatu situs.

Kita bisa menggunakan software dan aplikasi yang bisa kita download, yaitu software Security Essentials. Dengan menggunakan software ini, maka semua virus baik spyware maupun malware ini akan dengan mudahnya terdeteksi. Setelah terdeteksi, Anda tinggal klik Scan maka virus-virus yang membuat komputer Anda lemot akan enyah dari komputer Anda.

Memperbesar Kapasitas RAM dan Hardisk

Program yang banyak dan bekerja di waktu yang sama atau biasa disebut sebagai multitasking ini dapat menyebabkan komputer bekerja lebih ekstra lagi, sehingga membuat komputer bekerja lebih lambat. Untuk itu, maka Anda perlu menambah RAM menjadi lebih besar lagi agar ruangan lebih longgar dan program-program bisa berjalan dengan cepat.

Anda bisa cek kapasitas hardisk Anda. Jika tersisa 10 GB, maka ini menunjukan bahwa kapasitas hardisk sudah hapir penuh. Hal inilah yang membuat komputer atau laptop Anda menjadi si siput alias lemot.
Perlu diingat pula, belilah SSD atau hardisk RAM yang asli dan masih baru. Karena jika yang bekas bisa kemungkinan hardisk tersebut sudah cacat. Apalagi yang KW akan menyebabkan kompter Anda semakin lemot. Dan untuk membeli yang ori perlu biaya yang lebih besar memang, tapi apa salahnya membeli yang berkualitas untuk meningkatkan kinerja komputer Anda?

Flashdisk Jadi RAM

Sebagian besar pemilik komputer atau laptop tidak mengetahui bahwa penggunaan flashdisk yang salah bisa menyebabkan laptop menjadi lemot. Nah, berikut ini adalah cara penggunaan flashdisk yang baik dan benar agar komputer tidak lemot.
• Colok flashdisk;
• Klik kanan pada flashdisk di My Computer;
• Pilih Properties;
• Pilih ReadyBoost;
• Pilih Use this device;
• Saatnya Anda mengatur berapa memori yang ingin Anda alokasikan;
• Jika sudah mengaturnya, maka tinggal klik Ok.
Dengan cara tersebut, maka kinerja komputer kamu akan meningkat. Hal ini dikarenakan flashdisk sudah dijadikan RAM portable untuk laptop Anda. Tapi, perlu diingat, bahwa flashdisk yang sudah pernah dilakukan ReadyBoost, tidak bisa digunakan untuk menyimpan data lagi. Jadi, usahakan gunakan flashdisk yang sudah tidak terpakai lagi.

Kinerja Hard Disk

Kita bisa meningkatkan kinerja hard disk pada komputer kita dengan menghapus beberapa data yang sudah tidak diperlukan lagi. Dengan menggunakan cara ini, kita bisa meningkatkan kinerja laptop yang lemot dengan mudah dan simpel.

Menghapus File Sampah

Mungkin sebagian pemilik komputer tidak mengetahui bahwa ada beberapa data yang ada di dalam Recycle Bin yang sebenarnya dapat memakan ruang kapasitas RAM dan menyebabkan kinerja laptop lemot.
Jadi, kita perlu menghapus data-data yang ada di dalam Recycle Bin dengan cara sebagai berikut:
• Klik pada icon Recycle Bin;
• Pilih Empty Recycle Bin

Cukup mudah bukan? Anda juga bisa melakukannya dengan menggunakan software Ccleaner untuk menghapus file di dalam Recycle Bin.
Itulah beberapa cara meningkatkan kinerja komputer yang lemot yang bisa Anda terapkan sendiri di rumah. Selamat mencoba dan silahkan berbagi informasi bermanfaat ini ke teman-teman Anda. Jangan lupa dishare ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here