Beranda Tips Android 5 Cara Paling Mudah Membedakan Charger Asli dan Palsu

5 Cara Paling Mudah Membedakan Charger Asli dan Palsu

56
2
BERBAGI
5 Cara Paling Mudah Membedakan Charger Asli dan Palsu


Cara Membedakan Charger Asli dan Palsu – Sebuah smartphone didalamnya terdapat baterai. Tanpa baterai smartphone tidak akan bisa digunakan. Karena ini merupakan bagian inti seperti nyawa pada sebuah smartphone.

Sehingga membutuhkan perhatian yang khusus, salah satu aspek yang harus anda perhatikan adalah kualitas charger.

Jika kualitas charger yang anda gunakan palsu tentunya akan membuat daya tahan baterai berumur pendek, begitupun sebaliknya. Jika kualitas charger yang anda gunakan ori, maka daya tahan baterai sendiri akan lebih berumur panjang.

Pada kesempatan kali ini infotabloid.com akan membahas mengenai cara membedakan charger asli dengan yang palsu.

Jika anda memiliki smartphone, namun charger bawaannya rusak dan anda berniat untuk membeli penggantinya. Hati-hati! banyak charger palsu yang beredar sekarang, terlebih lagi pedagang yang tidak jujur selalu berkata bahwa barang yang dijual asli/original.

5 Cara Membedakan Charger Asli dan Palsu

Akibat penggunaaan charger palsu memang tidak dirasakan langsung saat anda memakainya, tetapi selang beberapa waktu anda akan merasakannya. Misalnya jika charger bawaan anda menggunakan teknologi fast charging, saat anda menggunakan charger palsu maka akan terasa lambat saat pengisian pada baterai.

Perlu anda ingat, pengisian yang lambat akan mempengaruhi suhu pada smartphone. Suhu akan menjadi panas serta dapat mengakibatkan baterai menjadi kembung dan rusak. Jika smartphone samsung ada memiliki kerusakan pada kamera. Baca Cara Mengatasi Kamera gagal pada Hp Samsung.

1. Membawa Adapter Charger Asli Saat Membeli

Saat anda ingin membeli charger baru, bawalah adapter charger asli yang anda miliki. Ini bertujuan untuk menyamakan detail desain yang ada pada charger.
Samakan juga struktur pada port USB, jika anda pahami secara detail maka anda akan melihat perbedaannya. Karena charge palsu dibentuk sedemikian rupa tetap tidak akan memiliki perbedaan dari charger asli.
5 Cara Membedakan Charger Asli dan Palsu
Lihat gambar diatas dan dibawah ini, terlihat banyak sekali perbedaannya. Dari desain, bentuk USB port, hingga warna pada tulisan.
5 Cara Membedakan Charger Asli dan Palsu

2. Menggunakan Bantuan Aplikasi

Begitu marak charger palsi yang beredar terutama pada smartphone iPhone dan samsung. Aplikasi Ampere akan membantu anda untuk menghitung daya yang masuk pada smartphone anda saat di charger. Untuk itu anda bisa segera mengetahuinya dengan aplikasi ini. Anda dapat mendownloadnya disini.
5 Cara Membedakan Charger Asli dan Palsu
Cara menggunakannya sangatlah mudah, anda hanya perlu mendownload lalu menginstall saja. Setelah itu anda hanya perlu melakukan pengisian baterai pada smartphone anda. Lalu buka aplikasi ampere tadi. Lalu lihat tegangan arus yang masuk ke baterai, samakan dengan adapter charger yang ada.
Jika voltase yang dihasilkan lemah, lebih dari setengah nilai voltase yang ada pada adapter charger, anda perlu waspada bahwa itu adalah charger palsu.

3. Perhatikan Kabel USB

Selain itu, anda juga dapat memperhatikan pada bagian kabel USB. Kabel USB sangatlah penting bagi smartphone anda, selain untuk pengisian daya baterai, kabel USB juga dapat anda gunakan untuk mengirim file dari smartphone ke komputer atau sebaliknya. Jika kabel USB yang anda beli adalah palsu.
Maka itu akan mempengaruhi proses pengiriman file anda pada smartphone atau komputer.
5 Cara Membedakan Charger Asli dan Palsu
Untuk membedakan antara USB asli dan palsu sangatlah mudah, perhatikan ketebalan dan juga panjang dari USB nya. Charger palsu biasanya memiliki kepala USB yang panjang dan juga tebal dan warna yang gelap. Coba anda perhatikan gambar diatas.

4. Beli di Toko Resmi

5 Cara Membedakan Charger Asli dan Palsu
Nah untuk hal ini juga sangat penting, kebanyakan charger palsu dijual oleh pihak ketiga. Apalagi dengan maraknya teknologi, berbelanja juga semakin mudah. Tinggal klik sana klik sini barang langsung diantar.
Jika anda menginginkan charger yang benar-benar asli, belilah charger pada toko resmi. Mungkin harganya akan terlihat lebih mahal, tetapi akan terjamin kualitas serta keasliannya. Beberapa toko resmi juga menjual produknya pada situs online.

5. Jangan Tertipu Dengan Harga

5 Cara Membedakan Charger Asli dan Palsu

Bukan hanya pada masalah charger, harga memang sudah menjadi patokan pada semua barang elektronik yang dijual. Jika harganya sangat murah, berbeda dengan yang asli maka anda harus waspada.

Kebanyakan barang palsu dibandrol dengan harga murah yang membuat anda tergiur untuk membelinya. Jadi jangan langsung tergiur dengan harga charger yang murah ya.

Nah, itu dia 5 cara penting yang harus anda ketahui dalam membedakan charger asli dan palsu. Pasti sangat menyebalkan jika barang yang anda beli adalah palsu, terlebih lagi penjual bilang bahwa barang asli. Mungkin itu saja tips Membedakan Charger Asli dan Palsu yang dapat saya tulis. Kurang lebihnya mohon maaf. Jangan lupa share ya! terimakasih

2 KOMENTAR

  1. Tidak bagus sama sekali gan, penjelasannya ada pada artikel ini nomor 4. cara cepat-mengisi atau charge baterai hp android

    Silahkan dibaca, maaf baru dapat membalas komentar 🙂

  2. Maaf kalau oot, saya mau nanya kalau menyambungkan usb ke laptop untuk charging itu baik gk ya ? Makasih..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.