Beranda Berita Belum Punya KTP, Apakah Bisa Registrasi SIM Card? Ini Jawabannya

Belum Punya KTP, Apakah Bisa Registrasi SIM Card? Ini Jawabannya

110
1
BERBAGI

Registrasi Kartu PrabayarPada akhir  bulan oktober ini Kemkominfo akan mewajibkan bagi para pengguna kartu SIM Prabayar untuk mendaftarkan nomor induk kependudukan (NIK) dan nomor kartu keluarga (KK) saat melakukan registrasi.

Kebijakan ini bukan hanya berkalu untuk pengguna baru saja, tetapi bagi pengguna kartu prabayar lama juga harus mengikuti kebijakan tersebut. Hal ini yang nantinya akan diawasi Kominfo atas data-data yang didaftarkan pada SIM prabayar untuk mengawasi dan mencegab berbagai tindak kriminal yang kerap terjadi. Lalu, bagaimana jika yang belum miliki KTP? apakah masih bisa melakukan registrasi?

Baca Juga : Download MotoGP PPSSPP 2017

Belum Punya KTP, Apakah Bisa Registrasi SIM Card? Ini Jawabannya

Menjawab hal tersebut, Dirjen Dinas Kependudukan dan Kantor Catatan Sipil, Zudan Arif Fakhrullah, mengatakan jika masyarakat tidak perlu khawatir, pasalnya NIK tidak hanya bisa diketahui melalui KTP saja. Di mana, menurutnya para pengguna dapat mengetahui NIK melalui KK. “Kalau sekarang misalnya belum ada E-KTP, tidak apa-apa. Karena NIK itu kan melekat ke orangnya, jadi NIK itu ada juga di KK,” ucap Zudan yang infotabloid lansir dari KompasTekno.

Dirinya menambahkan, jika saat ini bayi baru lahir pun sudah mendapatkan NIK yang memang tercantum pada kartu keluarga. Sehingga masyarakat tidak perlu bingung jika memang tidak memiliki atau belum memiliki KTP. “Sekarang bayi yang baru lahir pun langsung diberikan NIK, tapi dicantumkannya di KK. Nah, untuk yang belum punya E-KTP, bisa memakai NIK itu. Asal KK-nya ada,” imbuhnya.

Sementara itu, untuk para pengguna SIM prabayar yang berkewarganegaraan asing registrasi dapat dilakukan dengan Kartu Izin Tinggal Sementara (KITAS) atau Kartu Izin Tinggal Permanen (KITAP). Tetapi cara registrasinya berbeda dengan WNI, registrasi berkewarganegaraan asing tidak dapat dilakukan dengan SMS, melainkan para pengguna diwajibkan untuk mendatangi gerai resmi operatornya masing-masing.

Ingat!! Akhir Oktober 2017, Kartu SIM Prabayar Wajib Pakai KTP dan KK

Nantinya, baik WNI dan WNA akan diwajibkan mendaftarkan identitas diri pengguna kartu mulai 31 Oktober 2017 nanti hingga batas akhir pada 28 Februaru 2018. Jika pengguna melewati batas waktu tersebut, untuk pengguna jartu prabayar lama akan di blokir, sementara untuk pengguna baru kartu tidak bisa diregistrasi lagi.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.