Beranda Gadget 4 Mitos Tentang RAM yang Harus Anda Ketahui

4 Mitos Tentang RAM yang Harus Anda Ketahui

86
0
BERBAGI

Mitos Tentang RAM – Sepertinya banyak hal yang seharusnya diluruskan mengenai pemahaman RAM ini. Banyak sekali mitos yang muncul tentang RAM. Agar anda tidak salah paham, mari kita bahas tentang RAM yang salah dan gak boleh dipercaya.

Ketika membeli komputer/laptop, memang salah satu poin penting yang perlu diperhantikan adalah besarnya RAM (Random Acces Memory). Terlepas dari itu tugas RAM adalah untuk menyimpan sebuah data atau mengingat perhitungan sementara, sehingga proccesor tidak mengulang perhitungan tersebut setiap saat.

Secara teori, semakin besarnya ukuran RAM maka kinerja komputer pun semakin baik. Dan 4 Mitos Tentang RAMĀ dilihat dari betapa pentingnya fungsi RAM tersebut sehingga banyak sekali orang yang salah paham tentang RAM.

Sehingga muncul mitos mengenai RAM. Biar gak salah paham, berikut ini mitos tentang RAM yang saalah dan gak boleh dipercaya begitu saja.

4 Mitos Tentang RAM yang Harus Diketahui

1. Anda Tidak Butuh RAM Besar

Coba anda pikirkan, apa anda benar-benar butuh RAM yang besar? atau mungkin ukuran RAM yang anda miliki sekarang sudah cukup untuk menjalankan beberapa aplikasi yang dibutuhkan.

RAM yang anda miliki tersebut memanng sudah cukup untuk menjalankan aplikasi. Tetapi, dengan RAM yang lebih besar maka anda dapat menjalankan aplikasi dengan stabil dan cepat. Besarnya RAM akan membatu anda menjalankan sebuah aplikasi.

Lantas, berapa banyak RAM yang benar-benar anda butuhkan? Jika anda pengguna komputer/laptop biasa, RAM 4GB sudah lebih dari cukup. Tetapi jika anda ingin kinerja yang lebih baik anda dapat menggunakan RAM 8GB.

Dengan ini anda tidak perlu menunggu lama lagi saat mengguka sebuah aplikasi. Sedangkan, untuk para gamers atau para pekerja profesional yang bekerja dibindang grafis dan video editing biasanya menggunakan RAM 16GB.

2. Lebih Besar RAM, Sistem Lebih Kencang?

Biasanya seseorang meng-upgrade RAM pada laptop/komputernya bertujuan untuk meningkatkan performa komputer secara keseluruhan. Hal ini belum tentu benar, selain ukuran RAM ada beberapa komponen lain yang menentukan performa komputer.

Jika anda memiliki sebuah komputer dengan RAM 8GB, lalu anda meng-upgradenya ke 16GB. Dan anda tidak akan langsung merasakan perbedaannya antara RAM 8GB dan 16GB. RAM meningkatkan performa hanya sedikit.

Tetapi jika anda seorang video editing atau desain grafis profesional. Barulah akan terasa perbedaan saat meng-upgrade RAM tersebut. Dan cenderung akan terasa lebih cepat dan stabil.

Jadi, apa RAM lebih besar akan lebih baik? ini tergantung kebutuhan anda. Jika anda hanya melakukan pekerjaan ringan, RAM 16GB tidak terlalu memberikan pengaruh pada performa.

Dan perlu anda ingat, performa komputer juga disebabkan oleh processor. Besarnya RAM juga harus disesuaikan dengan processor yang anda gunakan agar perubahannya dapat anda rasakan.

3. Tidak Bisa Menambah RAM dengan Ukuran Berbeda

4 Mitos Tentang RAM yang Harus Anda Ketahui

Biasanya sebuah komputer atau laptop dilengkapi dengan dua slot memori untuk RAM. Mitos yang beredar yaitu kedua slot tersebut harus memiliki ukuran RAM yang balance atau seimbang.

Mengenai hal itu, memang disarankan untuk menggunakan sebuah RAM yang seimbang, merk yang sama, dan frekuensi yang sama. Agar kinerjanya berjalan dengan baik dan lancar.

Tetapi, bukan berarti anda tidak dapat menggunakan RAM dengan ukuran berbeda dan merk berbeda. Misalnya, jika anda menggunakan RAM 4GB pada slot pertama, lalu anda ingin menambahkan slot kedua dengan RAM 8GB. Hal ini bisa saja dilakukan tetapi tidak disarankan.

 

Tetapi, begitu anda mengaktifkan mode dual channel atau flex mode. Ia akan tampil sebagai dua memori berukuran 4GB yang berjalan bersamaan dalam performa optimal. Sisanya 4GB lagi akan berjalan dalam mode single channel.

4. Membebaskan RAM untuk Meningkatkan Kecepatan

Yang terakhir merupakan mitos yang sering sekali terjadi dan masih banyak dilakukan hingga sekarang. Sering sekali pengguna menggunakan software seperti “RAM Booster” dan software lainnya untuk menambahkan performa pada RAM.

Jika RAM penuh, anda tidak perlu membebaskannya dengan salah satu software booster. Hal ini tidak akan ada efeknya, justru sebaliknya. Anda akan mendapatkan sistem yang menjadi lambat, karena membebaskan berarti anda menghapus bagian tertentu dari memori RAM.

 

RAM berbeda dengan Hard drive, RAM dapat otomatis untuk menyesuaikan diri. Asalkan, jangan membuka sebuah aplikasi yang berat secara bersamaan.

Penutup

Itu dia beberapa mitos mengenai RAM yang perlu anda ketahui. RAM sangat penting, tetapi pastikan komponen lainnya seimbang dengan RAM yang anda gunakan.

Sebagai contoh, jika anda memiliki sistem operasi 32bit yang memiliki batasan RAM sampai 4GB saja. Jadi jika anda menggunakan OS 32bit, anda akan merasa cuma-cuma jika menggunakan RAM lebih dari 4gb.

Jadi, setelah anda baca artikel ini. Berapa banyak RAM yang akan anda gunakan? share pendapat anda dikomentar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.